12 Aplikasi Edit Foto untuk Komputer Selain Photoshop

advertisement
Kita semua pasti tahu, bahwa aplikasi edit foto di komputer yang paling terkenal hingga saat ini adalah Photoshop. Sebuah software yang diciptakan oleh Adobe System ini memang diakui memiliki fitur lengkap sehingga dapat memenuhi kebutuhan dalam pengeditan foto dan pembuatan efek.

Perangkat lunak ini berbayar dan dibutuhkan keahlian khusus untuk menghasilkan sebuah karya bernilai tinggi, sehingga sangat cocok untuk orang-orang yang bekerja di industri kreatif seperti desainer grafis misalnya.

Namun tenang saja, untuk kamu yang ingin memiliki software photo editor gratis dengan pengoperasian yang mudah dan instan namun hasil maksimal, berikut daftar aplikasinya.

software photo editor komputer

Software Edit Foto untuk Komputer

1). GIMP

GIMP adalah software grafis berbasis bitmap yang bisa kamu andalkan untuk mengedit dan memanipulasi foto sesuai keinginan. Di versi terbarunya, software yang berlisensi Free/Open source ini meluncurkan beberapa fitur baru dan juga lebih mudah digunakan jika dibandingkan versi lamanya karena ada beberapa peningkatan fitur yang sengaja dibuat lebih fleksibel.

2). Funny Photo Maker

Funny Photo Maker merupakan aplikasi edit foto untuk komputer yang menyediakan banyak sekali fitur bermanfaat. Software/aplikasi ini sangat mudah dioperasikan oleh orang awam sekalipun karena di dalamnya terdapat berbagai efek foto dan bingkai yang bisa diterapkan dengan beberapa kali klik saja. Selain itu, kamu juga bisa membuat animasi beresolusi tinggi dalam format GIF.

3). WnSoft PixBuilder Studio

PixBuilder Studio merupakan sebuah aplikasi pengolah foto/gambar yang ringan. Jika dilihat, tampilan aplikasi yang dibuat oleh WnSoft ini memang bisa dibilang mirip dengan photoshop. Meski begitu, berbagai fitur yang disajikan lebih mudah digunakan jika dibandingkan photoshop yang mengharuskan para pengguna mempunyai kemampuan khusus dalam mengoperasikan software tersebut.

4). PhotoScape

Aplikasi edit foto yang diciptakan oleh MOOII Tech ini menyediakan interface atau antarmuka kepada pengguna yang sangat sederhana sehingga mudah digunakan dan terasa menyenangkan bagi pengguna karena dapat mengolah foto/gambar sesuka hati tanpa merasa kesulitan. Beberapa fitur unggulan, di antaranya yaitu; menggabungkan beberapa gambar menjadi animasi, screen capture, clone stamp, dsb.

5). Photobie

Selain digunakan untuk mengedit foto, aplikasi photobie yang dirancang oleh Cheng ini ternyata juga bisa kamu gunakan untuk membuat scrapbooking, screen capture, dan animasi. Tampilan photobie memang sederhana, namun dilengkapi dengan berbagai fitur canggih yang bisa menghasilkan berbagai macam karya desain grafis, di antaranya seperti menggambar atau membuat desain kalender, membuat logo, dll.

6). Photo Pos Pro

Walaupun aplikasi edit foto Photo Pos ini versi pro, tetapi sekarang ini kamu bisa mendapatkannya secara gratis. Mengenai kualitas fitur yang disediakan tentu saja bersifat Pro, karena bukan hanya ada fitur instant yang dibuat untuk pengguna agar dapat mengolah foto dengan mudah, namun ada juga fitur yang membutuhkan keahlian pengguna agar dapat menghasilkan sebuah karya hasil editan gambar yang terlihat profesional.

Situs untuk Mengedit Foto Secara Online

7). Fotor

Situs ini menyediakan aplikasi online yang bisa kamu manfaatkan untuk membuat kolase, memproses HDR, dan sebagainya. Berbagai fitur yang disajikan cukup lengkap, seperti; curve, basic adjustment, tone, dan fitur umum lainnya. Menariknya lagi, kamu bisa membuat desain kartu ucapan tanpa merasa kesulitan karena ada beberapa pilihan template yang bisa digunakan langsung, sehingga kamu hanya perlu menambahkan teks isi ucapan.

8). Ribbet

Ribbet merupakan sebuah website aplikasi dengan tampilan atau interface yang menarik dan juga dilengkapi dengan berbagai fitur yang bisa diandalkan dalam memenuhi kebutuhan kamu ketika mengedit foto / gambar.

9). PicMonkey

PicMonkey adalah sebuah situs web yang menyediakan aplikasi image editor secara online dan gratis. Tampilan aplikasi ini sangat indah namun tetap mudah digunakan oleh pengguna pemula sekalipun. Selain dengan berbagai pengaturan untuk foto yang lengkap, ada juga banyak filter dan juga efek yang siap digunakan.

10). iPiccy

Aplikasi photo editor berbasis web ini memungkinkan kamu untuk menerapkan berbagai efek khusus terhadap foto yang telah di upload ke situs tersebut. Berbagai efek yang tersedia seperti painter, sketsa, melakukan retouch dan lainnya. Yang jelas, pengeditan foto dapat dilakukan dengan cepat karena semua fitur dapat diterapkan secara instan.

11). Fun Photo Box

Beberapa hal yang bisa kamu lakukan terkait pengolahan gambar di situs ini adalah membuat kolase, membuat animasi, mengedit foto dengan memanfaatkan efek, filter, dan tools lainnya, membuat facebook cover, hingga membuat kartu ucapan, dapat kamu lakukan dengan instan dan gratis tentunya. Menarik bukan?

12). PhotoFunia

Mengolah gambar di komputer bukan lagi menjadi hal yang sulit dilakukan jika menggunakan aplikasi edit foto dari situs photofunia.com, hanya dengan meng-upload foto terbaik kamu ke situs tersebut, kamu sudah bisa menambahkan berbagai efek unik dan lucu.

ARTIKEL TERKAIT: